Breaking News

Bupati Lampung Barat Mengajak Wartawan Melakukan Kunjungan kerja Ke Bandung Jawa Barat.

 


Liwa- Bupati Parosil Mabsus Dan Kadis komunikasi informasi (kominfo) Lampung Barat mengajak puluhan insan pers yang bertugas di Kabupaten Lampung Barat studi jurnalistik ke Bandung Jawa Barat.

Kunjungan pertama di Bandung Command Center (BCC) yang  merupakan gedung untuk memantau akses pelayanan publik, sebagai tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, BCC berlokasi di lingkungan Balai Kota Bandung dilanjutkan ke kantor Redaksi pikiran Rakyat Yang Sudah ada sejak tahun 1959 pada hari ini Senin 25-07-2022.


Kepala dinas Kominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan penelitian BCC menggunakan pendekatan kualitatif dan medote studi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur.

“Jadi BCC adalah sarana untuk melihat data kebutuhan masyarakat, jadi real time. Hingga harga barang atau sembako di pasar bisa di pantau, pelayanan rumah sakit, mulai dari ketersediaan ruangan dan lain-lain. Garis besar nya bank data kota Bandung,” ujarnya.

Ia menyebut, BCC dibangun pada 2015 lalu dengan anggaran sekitar 30 miliar di jaman Walikota Ridwan Kamil. Sejak itu pula semua agenda kegiatan Walikota dan Sekda menjadi rujukan media sehingga satu jam setelah kegiatan walikota atau sekda media sudah bisa menerima rilis.

“Bicara kendala, yang kerap ditemukan yaitu terkadang perangkat daerah yang kurang membuka diri. Sehingga apa yang menjadi isu dan permasalahan di suatu perangkat daerah datanya telat kita diterima,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, bupati Parosil mengaku tertarik dengan BCC. Namun jika melihat kondisi keuangan daerah dan situasi Lampung Barat saat ini belum sepenuhnya memungkinkan. Karena selain anggaran di Lampung Barat masih kecil akses internet juga belum memadai.

“Bandung menjawab itu bagus, jadi jika di Bandung setiap dua Minggu sekali, mungkin di Lampung Barat bisa sebulan sekali. Itu bukan hal yang sulit, tinggal kita hadirkan saja kepala dinas untuk menjawab pertanyaan masyarakat dan isu yang sedang hangat di daerah,” ungkap Parosil.
Menurut kepala bagian protokoler ” tujuan kunjungan insan pers dan bupati ke kominfo kota bandung untuk kita belajar lebih dekat tentang tata kelola penyelenggaraan pemerintah secara online jadi semua akses ada dikominfo kota bandung terangnya.. (Red)

Tidak ada komentar