Breaking News

Kelurahan pasar Liwa dan Kelurahan Way mengaku Melakukan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid 19.


Lampung Barat - Seiring meningkatnya jumlah kematian akibat covid, Kelurahan Pasar Liwa bersama Kelurahan Way Mengaku mengadakan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 di Kantor Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Rabu, (04/08/2021).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Pasar Liwa Saukat, Lurah Way Mengaku Edwar, SPDSD. MM, Kasi Kesra sebagai Perwakilan Kecamatan, Bhabinsa Suherno, Bhabinkamtibmas Juliansah, Bhabinkamtibmas Fikri Leonard, Perwakilan KUA, dan KaPus Harjunadi.S.ST.



Dalam sambutannya Saukat selaku Lurah Pasar Liwa, Menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat Pasar Liwa dan Way Mengaku atas partisipasinya dalam mengikuti kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah covid ini.


Untuk setiap relawan yang terlibat dalam pemulasaran jenazah covid dan pemakamannya akan mendapatkan biaya oprasional sebesar Rp 500.000/orang, yang dimana mulai dari Alat Pelindung Diri (APD) sudah disiapkan oleh pihak BPBD. Kemudian, terkait dengan oprasional tersebut Surat Keputusan (SK) akan segera dibuat dan memiliki kewenangannya dimasing masing kelurahan.


Adapun materi pemulasaran disampaikan langsung oleh KaPus Harjunaidi tentang cara mengelola jenazah covid yang didampingi oleh perwakilan MUI agar tetap sebagaimana dalam syariat islam.


"Dengan adanya pelatihan pemulasaran jenazah covid ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak yang sebagaimana tentunya kita tau bahwa tenaga pemakaman sangat terbatas, dan dengan adanya ini paling tidak bisa mengurangi keluhan dari masyarakat," ujar Saukat Lurah Pasar Liwa.


Lanjut KaPus mengatakan, "Kami dari tim puskesmas akan memberikan pengarahan kepada 12 pekon dan kelurahan dibalik bukit, dimana disetiap pekon akan kami bentuk tim pemakaman sehingga apabila ada warga yang meninggal akan mempercepat proses pemulasaran dan pemakaman jenazah yang tentunya sesuai protkes dan kaidah agama masing masing," 


"Harapan kami dengan diadakannya pelatihan ini akan terbentuk tenaga - tenaga terdidik guna menangani jenazah meninggal yang diakibatkan covid, dan berharap para tenaga yang terdidik itu dapat menjalani tugas dan fungsinya," harap Edwar Lurah Way Mengaku.(pik)

Tidak ada komentar