Liwa-Laga final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12), akan mempertemukan dua tim kuat sepak bola dunia, yaitu Argentina dan Prancis. Tontonan tersebut akan makin menarik dengan bertemunya Lionel Messi dan Kylian Mbappe, keduanya adalah pemain andalan klub Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

Messi dan Mbappe memiliki sejumlah persamaan yang unik. Mereka tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia Qatar dengan masing-masing mengantungi lima gol. Selain itu, baik Messi maupun Mbappe memiliki nomor punggung 10 di tim nasonalnya masing-masing.



Meski pelatih Argentina Lionel Scaloni membantah anggapan bahwa final Piala Dunia berakhir dengan duel antara Messi dan Mbappe, tetapi atmosfer persaingan di antara kedua tim tersebut sungguh terasa.

Argentina dan Prancis sama-sama berambisi memboyong trofi Piala Dunia untuk ketiga kalinya. Tim Prancis yang dijuluki Les Bleus,merujuk pada jersey tim warna biru, adalah juara turnamen sepak bola bergengsi itu pada 2018 di Moskow, Rusia.

Meraih gelar dalam perhelatan Piala Dunia dua kali berturut-turut (back-to-back) akan menjadi prestasi monumental bagi tim yang dilatih oleh Didier Deschamps. Dalam sejarah persepakbolaan dunia sejauh ini, baru dua tim nasional yang pernah menorehkan prestasi tersebut, yaitu Italia pada 1930-an dan tokoh ikonik Brazil, Pele pada 1958 dan 1962.