Breaking News

Miris?Alih-Alih Bantu Penanganan Covid -19,Petugas Kebersihan Tidak di Bayar Gaji 1 Bulan.


Lampung Barat  - 100 orang petugas kebersihan yang bekerja dengan sistem tenaga harian lepas di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Barat, tidak menerima upah salama sebulan, tepatnya Bulan Desember 2020 lalu.


Hal tersebut dijelaskan oleh salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya Senin, (3/5/2021).


Menurutnya, keseratus orang petugas kebersihan itu, tidak menerima gaji selama sebulan dengan alasan membantu warga terdampak covid-19.


"Gaji kami hanya rp900 ribu, ditiadakan selama 1 bulan alasan untuk membantu warga terdampak Covi-19, lalu kalau begitu selama satu bulan itu keluarga kami tidak mendapatkan apa apa dan kami makan apa," ujarnya.




Petugas tersebut menambahkan, jika gaji selama sebulan itu tidak dibayarkan oleh Dinas terkait para pekerja yang tidak menerima gaji itu bertekat akan menghadap dan melaporkan hal itu kepada Bupati Lampung Barat H. perosil Mabsus.


"Pokoknya kalau sampai ini tidak di bayar kami dari tenagga harian lepas atau HL akan menghadab bupati. apakah benar bahwa gaji tenaga kerja HL tidak di bayar karena untuk membantu covid- 19," imbuhnya.


Ironisnya, saat dikonfirmasin terkait permasalahan itu, Kepala Bidang Kebersihan Haryanto mengatakan tidak tahu menahu soal hal itu, dengan alasan baru tiga bulan bertugas di Dinas tersebut.


 "Jadi saya gak tau,setahu saya  gaji mereka sudah di bayar, karena bukti pembayaran itu sudah ada di kantor.

Dan memang harus sudah selesai karena mau tutup tahun pada waktu itu jelasnya,itu yang benar, namun kami tidak tau sebenarnya seperti apa, karena pada waktu itu kabidnya ibu Denti dan saat ini Sudah pindah tugas di Dinas Satu Pintu," tandasnya.


Persoalanya, jika gaji selama sebulan itu tidak dibagikan dengan alasan bantu  penanganan covid-19, mengapa ada laporan gaji dibayar di DLH, lalu apakah hal yang bijak, 100 pekerja harian lepas yang statusnya bukan pegawai Negeri yang gajinya pas-pasan harus tidak menerima gaji karena membantu penanganan covid-19. 


Lalu diapakan dan dikemanakan anggaran penanganan covid-19, jika petugas kebersihan harus tidak menerima gaji untuk membantu penenganan covid 19. (Tim)

Tidak ada komentar