Breaking News

Wisata Rigis Jaya Termasuk Satu satunya Perwakilan Lampung Mendapat Kan Anugerah Desa Wisata Indonesia di Tahun 2021.


Liwa- Pekon Wisata Rigis Jaya Kec. Air Hitam masuk kedalam 50 Desa Wisata Unggulan yang ditetapkan oleh Tim Juri Kementerian Pariwisata dan Ekraf, menjadi satu-satunya desa wisata yang masuk dalam Desa Wisata Unggulan Kemenparekraf dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yg berasal dari Provinsi Lampung.

Proses panjang akhirnya membuah kan hasil, setelah sebelumnya Lampung diwakili oleh 7 Desa Wisata yang berasal dari Kab. Lampung Barat, Pesawaran, Lampung Selatan dan Tanggamus dan berkompteisi dengan 1.584 desa wisata se-Indonesia, tim juri sebanyak 15 orang terlebih dahulu melakukan seleksi adminitrasi serta melihat langsung kriteria yang dipersyaratkan dan selanjutnya menetapkan 100 desa wisata untuk kembali diadu dengan kriteria-kriteria lainnya, dan sore ini (Senin 23/8) Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengumumkan 50 Desa Wisata yang masuk dalam ADWI 2021 salah satunya Desa Wisata Rigis Jaya.


Ada tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam ajang ini, yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), desa digital, souvenir (kuliner, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.


Pengembangan desa wisata ini juga merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendorong melestarikan memberdayakan berbagai potensi yang ada di desa, baik potensi wisata, potensi alam, potensi budaya dan nilai nilai kearifan lokal, dengan adanya pengembangan desa wisata semoga mampu mendorong perekonomian yang ada di pekon-pekon.

kami berharap seluruh stake holder yang ada di pekon dapat terus bekerja terus bahu membahu, berkolaborasi untuk mengelola potensi yang ada di desa sehingga mampu meningkatkan dan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat disekitarnya.


pekerjaan rumah belum selesai, mari tingkatkan kolaborasi, inovasi, adaptasi untuk membangkitkan pariwisata lampung barat.


Semoga Desa Wisata lain di Lampung Barat akan segera menjadikan desa wisatanya masuk dalam kriteria-kriteria diatas, sehingga menjadi desa-desa wisata yang siap menyambut tamu dengan standar pelayanan yang baik. semuanya akan bermuara pada tingkat kunjungan dan pendapatan yang berdampak pada kesejahteraan.(pik)

Tidak ada komentar