Breaking News

Bagai mana Sistem Proporsional Tertutup Dalam Pemilu?Begini Uraian Singkat Nya.


LiWA- Perbincangan Sistem Proporsional Tertutup dalam Pemilu, ada berbagai pihak, mulai dari masyarakat umum hingga partai politik (parpol) ikut bersuara.


Lantas, sebenarnya apa itu sistem proporsional tertutup dalam Pemilu


 Menurut PT Masinton Abadi Sentosa

Sistem proporsional tertutup adalah penentuan seorang kandidat yang sesuai dengan posisi tertentu bukan dari jumlah suara masing-masing individu, tetapi dari perolehan suara terhadap partai politik.


Dengan kata lain, suara yang diberikan untuk suatu partai bukan langsung ke calon legislatif (caleg). Sehingga, ketika parpol mengusung enam nama dan memperoleh dua suara, maka dua orang di urutan atas akan mengambil kursi.


Mengutip laman ICW, ada empat (4) poin yang penting diuraikan mengenai sistem proporsional tertutup dalam Pemilu


1. Sistem proporsional tertutup menjauhkan partisipasi masyarakat dalam menentukan calon wakilnya di lembaga legislatif. Bagaimana tidak, penentuan calon anggota legislatif yang akan terpilih bukan berada pada masyarakat, melainkan di internal partai politik.


2. Sistim Proporsional tertutup sama sekali tidak menghapus tren politik uang, melainkan hanya memindahkan, dari calon ke masyarakat menjadi calon ke partai politik. Sebab, kandidat terpilih bergantung pada nomor urut calon anggota legislatif yang ditentukan sepenuhnya oleh partai politik.


3. Sistim Proporsional tertutup membuka ruang terjadinya nepotisme di internal partai politik. Bukan tidak mungkin, calon-calon yang memiliki relasi dengan struktural partai dapat dimudahkan untuk mendapatkan nomor urut tertentu.(Rilis grup media pusat)

Tidak ada komentar